Punya Kendaraan Second, Coba Cek Keasliannya di Samsat

- 29 Juni 2020, 14:53 WIB
Ilustrasi kendaraan yang biasa digunakan tukang ojek online untuk angkut penumpang di Kota Bandung.

FIXINDONESIA.COM - Dua orang tersangka kasus pemalsuan dokumen kendaraan bermotor berhasil diringkus jajaran kepolisian dari Polresta Bandung.

"Kami telah menahan dua orang pelaku utamannya, yaitu saudara FH dan TA. Mereka memalsukan dokumen otentik. Dokumen otentik itu adalah dokumen keluaran negara resmi tetapi dengan cara tertentu mereka menghapus kemudian mengeprint ulang lagi sehingga mirip dengan aslinya kemudian diedarkan lagi," kata Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan saat memberikan keterangan pers di Mapolresta Bandung Senin, 29 Juni 2020.

Dalam artikel PRFMNews berjudul "Cek Surat Kendaraanmu! Polisi Berhasil Ringkus Pelaku Pemalsuan Surat Kendaraan" yang dikutip fixindonesia, diketahui bahwa para tersangka mencari dan memperoleh dokumen tersebut dari media sosial facebook serta membeli dokumen tersebut seharga Rp120 ribu hingga Rp150 ribu.

Setelah itu, dokumen tersebut mereka modifikasi dan dijual dengan kisaran harga antara Rp2,5 juta hingga Rp3 juta.

Baca Juga: SJH Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021, Gun Gun: Kabupaten Bandung Siap Mendunia

Kemudian, lanjut Hendra, nantinya dokumen tersebut akan diisi dengan data yang tidak jelas surat-suratnya baik kendaraan hasil penggelapan, curian, dan lainnya. Lalu kendaraan dengan surat buatan tersangka itu akan dijual dan kemudian merugikan korban (pembeli) dikarenakan status surat kendaraan mereka tidak sah, sehingga tidak bisa membayar pajak.

"Yang terjadi ada masyarakat datang ke kantor kami untuk memperpanjang (pajak) kendaraan tersebut. Saat kita cek ternyata tidak sesuai dan tidak bisa diperpanjang," jelasnya.

Hendra meminta kepada warga masyarakat agar lebih cermat dan teliti saat akan membeli kendaraan bekas. Ia mengimbau warga agar memastikan data kendaraan yang dibelinya sesuai dan tercatat atau terdata di dokumen baik STNK maupun BPKB.

Baca Juga: Soal Video Viral Nakes Dangdutan, Anji: Tolong Perhatikan Kami Sebagai Musisi

Halaman:

Editor: Rinda Suherlina

Sumber: PRFM News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X