Alami Kerugian, PT KAI Hentikan Operasional KA Ranggajati Rute Cirebon-Purwokerto-Jember

- 2 Juli 2020, 15:01 WIB
Ilustrasi kereta api reguler yang kembali beroperasi pada hari ini, Jumat 12 Juni 2020. /PIXABAY/Shutterbug75/

 

FIXINDONESIA.COM - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghentikan operasional KA Ranggajati rute Cirebon-Purwokerto-Jember, pada Rabu 1 Juli 2020 kemarin.

Pasalnya, sejak beroperasi kembali pada 12 hingga 31 Juni 2020, masih sepi penumpang.

Tercatat, dalam kurun waktu 19 hari beroperasi, KA hanya terisi 277 kursi atau rata-rata 16 penumpang per hari yang naik dari Stasiun Purwokerto.

Artinya, rata-rata perhari hanya membawa sebanyak 7 rangkaian gerbong, sementara penumpang yang naik dari stasiun Purwokerto hanya 16 orang per hari saja.

Baca Juga: Premium dan Pertalite Bakal Dihapus, Pertamina: Masyarakat Tak Perlu Khawatir

"Artinya jumlah penumpang yang naik dari stasiun Purwokerto tidak sampai 30 persen, kita (PT KAI) merugi. Minimal untuk operasional jumlah penumpang yang naik dari stasiun Purwokerto adalah di atas 60 persen, itu baru BEP (break event point)," kata Manajer Humas Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, Rabu 1 Juli 2020.

Dikutip dari pikiran-rakyat.com berjudul "Merugi, Kereta Api Ranggajati Rute Cirebon-Purwokerto-Jember Dihentikan" oleh Fixindonesia, Kata Supriyanto, minimnya minat masyarakat untuk naik kereta selama pandemi covid-19, salah satunya disebabkan karena kemungkinan persyaratan setiap calon penumpang harus menunjukan surat hasil rapid test non reaktif.

"Di samping itu karena masih ada beberapa daerah yang menjadi zona merah covid 19. Sehingga antusiasme warga untuk bepergian rendah," ujarnya.

Baca Juga: Wah Bandung Great Sale Dibuka, Biar Gampang Dapat Diskon Begini Caranya

Halaman:

Editor: Rinda Suherlina

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X