Jadi Tren di Masa Pandemi, Dishub Kota Cimahi Usulkan Adanya Jalur Khusus Sepeda

- 5 Juli 2020, 17:42 WIB
Ilustrasi bersepeda di pagi hari. /

FIXINDONESIA.COM - Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Endang mengatakan untuk memfasilitasi tingginya animo bersepeda warga Kota Cimahi, pihaknya akan mengusulkan adanya jalur khusus sepeda.

"Penyediaan fasilitas jalan bagi lajur sepeda akan menjadi salah satu agenda Dishub Kota Cimahi, untuk dibahas dan dikoordinasikan lebih lanjut dengan instansi atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait khususnya dalam Forum Lalu Lintas Kota Cimahi," ujarnya, Minggu 5 Juli 2020.

"Termasuk fasilitas untuk sepeda dan pejalan kaki," tambah Endang.

Baca Juga: Dinyatakan Negatif Covid-19, Gian Zola Ungkap Caranya Terapkan Protokol Kesehatan

Dia mengatakan usulannya itu akan dikaji dengan sejumlah dinas terkait, salah satunya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR). Menurutnya hal bersepeda adalah kegiatan postif yang harus didukung, selain berdampak pada kesehatan ini juga mengurangi emisi karbon.

Selain itu, sambung Endang kondisi lalu lintas di Kota Cimahi yang kerap macet, semoga dengan banyaknya masyarakat beralih ke sepeda akan mengurangi volume kendaraan. Disamping itu, terbatasnya fasilitas jalan di Kota Cimahi menjadi perhatiannya jika ada jalur khsusus sepeda.

"Untuk itu perlu kajian terlebih dahulu. Termasuk untuk titik-titik jalurnya, apalagi kondisi ruas jalan di Cimahi tidak begitu lebar," terang Endang.

Baca Juga: Peserta UTBK-SBMPTN 2020, Suhu Tubuh Diatas 37,5 Derajat Celsius Wajib Lakukan Swab Test

Dalam artiekel Pikiran Rakyat berjudul "Bersepeda Lagi Tren, Pemkot Cimahi Berencana Buat Jalur Khusus", Endang berharap semoga tren bersepeda ini akan berlangsung lama sehingga dapat menjadi kebiasaan warga Kota Cimahi dalam kegiatan sehari-hari.

Halaman:

Editor: Rinda Suherlina

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X