Sempat Berkurang Drastis Selama PSBB, Kini PKL Menjamur Lagi

- 10 Juli 2020, 09:04 WIB
ILUSTRASI PKL.*/ DOK. PIKIRAN RAKYAT /DOK. PIKIRAN RAKYAT/

FIXINDONESIA.COM - Setelah berakhirnya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Bandung mulai berjamur kembali dan memenuhi bahu jalan. Hal itu juga kerap memicu kemacetan.

Kepala Bidang Ketenteraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) Satpol PP Kota Bandung, Taspen Effendi menyatakan, semasa PSBB lalu para PKL tidak terlihat beroperasi di tempat-tempat biasa.

PKL yang menghilang (tidak berjualan) waktu Covid-19 itu hampir 95% dari sekitar 24 ribu pedagang,” ujar Taspen, Kamis 9 Juli 2020.

Baca Juga: Harga Emas Antam Hari Ini, Jumat 10 Juli 2020

Dengan berkurangnya PKL, maka Satpol PP mengalihkan tenaga tim penertiban PKL untuk membantu penertiban selama PSBB. Para petugas pun menjadi tim pendukung di beberapa cek poin.

“Mereka takut dengan wabah. Saya juga berterima kasih, dengan mereka tidak berjualan, bukan terima kasih ada wabah ya. Tapi dengan ada wabah ini mereka tidak berjualan dengan sendirinya,” akunya.

Taspen menambahkan, banyak pula PKL yang pulang ke kampung halamannya karena kekurangan modal untuk berjualan.

Baca Juga: Lima Anggota BTS Daftar Program Master Lantaran Ingin Tunda Wajib Militer? Begini Kata Pihak Agensi

Sebelum pandemi melanda, Bidang Trantibum Kota Bandung sedang gencar-gencarnya menertibkan PKL. Terhitung sejak Januari-Maret 2020, Satpol PP sudah menggelar 126 operasi penertiban. Namun kegiatan tersebut terkendala saat pandemi melanda Kota Bandung.

Halaman:

Editor: Rinda Suherlina


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X