Astronom Dibuat Kebingungan, 4 Objek Aneh di Ruang Angkasa Terdeteksi Teleskop

- 13 Juli 2020, 21:05 WIB
Ilustrasi astronot berada di luar angkasa //Pixabay


FIXINDONESIA.COM - Para astronom menemukan adanya empat objek aneh pada gelombang radio yang terdeteksi teleskop. Setelah diteliti lebih lanjut, keempat objek itu tidak masuk dalam kelas astronomi yang pernah dilihat sebelumnya.

Keempat benda itu nampak seperti pulau yang menyerupai cincin dengan jarak yang jauh. Objek misterius ini dijuluki lingkaran radio aneh atau odd radio circles (ORC).

Sejauh ini, tim astronom internasional belum mengetahui secara persis seberapa jauh objek ORC ini, tetapi bisa dikaitkan dengan galaksi-galaksi terjauh.

Baca Juga: Diduga Terlibat Prostitusi Online dan Kasus Penganiayaan, Manajer Hana Hanifah Angkat Bicara

Seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Live Science, semua objek luar angkasa ditemukan jauh dari bidang galaksi Bima Sakti dan sekitar 1 arcminute (untuk perbandingan, diameter Bulan adalah 31 arcminutes).

Dalam sebuah makalah baru yang merinci penemuannya, para astronom menawarkan beberapa kemungkinan penjelasan tetapi tidak ada yang cukup sesuai pada keempat objek ORC baru itu.

Setelah mengesampingkan benda-benda seperti supernova, galaksi pembentuk bintang, nebula planet dan pelensaan gravitasi, efek pembesaran akibat pembengkokan ruang-waktu oleh objek-objek besar yang berdekatan, para astronom berspekulasi bahwa 4 objek itu bisa menjadi gelombang kejut sisa dari beberapa kejadian ekstragalaktik atau kemungkinan aktivitas dari galaksi radio.

Baca Juga: Diduga Terlibat Prostitusi Online dan Kasus Penganiayaan, Manajer Hana Hanifah Angkat Bicara

"Itu (objek-objek) mungkin menunjuk ke fenomena baru yang belum benar-benar kita selidiki. Mungkin juga ini adalah perpanjangan dari kelas objek yang sebelumnya diketahui yang belum bisa kita jelajahi," kata Kristine Spekkens, seorang astronom di Royal Military College of Canada dan Queen's University.

Halaman:

Editor: Rinda Suherlina

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X