Waduh, Gegara 'Ngelike' Facebook Balon Bupati Bandung, Bawaslu Minta KPU Lakukan Tindakan Tegas

- 28 Juli 2020, 18:46 WIB
ILUSTRASI Pemilu.* /PRFM

FIXINDONESIA.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung mengingatkan KPU sebagai penyelenggara pemilu agar lebih ketat lagi dalam memberikan pembinaan dan pengawasan terhadap jajaran yang ada di bawahnya.

Baca Juga: KPAI Kritik Tegas Pemerintah Karena Sekolah di Luar Zona Hijau Diizinkan Belajar Tatap Muka

Hal tersebut menyusul adanya penemuan seorang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang melakukan tindakan tidak sesuai dengan prinsip independensi seorang penyelenggara pemilu.

Baca Juga: Bakal Satu Panggung dengan BTS, Begini Perasaan Luna Maya yang Mengaku ARMY Garis Keras

Menurut informasi, Bawaslu tengah melakukan pendalaman terkait laporan adanya Ketua PPK di salah satu kecamatan di wilayah Selatan Kabupaten Bandung yang memberikan respon "ngelike" di media sosial Facebook terkait kegiatan salah seorang bakal calon Bupati Bandung.

Baca Juga: Viral Video Camat Diberi Kendaraan Dinas Berupa Pesawat, Bupati: Bandaranya di mana?

Menanggapi hal tersebut, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Kabupaten Bandung Hedi Ardia mengungkapkan, meskipun belum ada penetapan pasangan calon seharusnya prinsip independensi atau tak memihak salah satu bakal calon sudah harus dilakukan oelh semua penyelenggara pemilu. Pasalnya, azas tersebut berlaku sejak pengambilan sumpah.

Baca Juga: Tahun Depan, Presiden Jokowi Sebut Indonesia Bakal Menggelar Vaksinasi Massal

Dalam pasal 10 huruf f kode etik penyelenggara pemilu menyebutkan, tidak memakai, membawa, atau mengenakan simbol, lambang atau atribut yang secara jelas menunjukkan sikap partisan pada partai politik atau peserta Pemilu tertentu.

Halaman:

Editor: Agus Satia Negara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X