Tim Uji Klinis Vaksin Covid-19 Sebut Sudah Ada 800 Pendaftar Relawan

- 7 Agustus 2020, 22:31 WIB
Ilustrasi pengobatan virus corona (Covid-19). /PIXABAY/TheDigitalArtist /

FIXINDONESIA.COM - Juru Bicara Tim Uji Klinis Vaksin Covid-19, Fakultas Kedokteran Unpad, Rodman Tarigan mengatakan sudah ada 800 orang yang mendaftarkan diri untuk menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19 di Kota Bandung.

Sebelum melakukan uji klinis, para pendaftar harus mengikuti terlebih dahulu pemeriksaan awal sehingga benar-benar memenuhi syarat yang telah ditetapkan sebelumnya.

Baca Juga: Istri Disuruh Beli Sandal, Purnawirawan TNI Ini Ditemukan Tewas Gantung Diri

Jika lolos pada tahap pemeriksaan awal, para pendaftar ini akan kembali dihubungi mengenai jadwal untuk melakukan pemeriksaan awal sebelum penyuntikan vaksin.

"Dalam data terbaru yang kami terima, sudah ada 800 orang. Tapi perlu digaris bawahi, ini masih calon, belum tentu menjadi memenuhi syarat saat uji klinis," ujarnya, Jumat 7 Agustus 2020.

Baca Juga: Mudahkan Pemeriksaan Saksi, Kasus Denny Siregar Dilimpahkan ke Polda Jabar

Selain jadwal pemeriksaan, lanjut Rodman, data identitas relawan akan dirahasiakan selama proses uji klinis vaksin Covid-19. Setelah pemeriksaan awal, para relawan akan disuntik vaksin Covid-19 untuk dosis pertama. Dosis kedua vaksin Covid-19 akan kembali disuntikan ke tubuh relawan setelah 14 hari dari penyuntikan dosis pertama.

Rodman mengatakan, para relawan uji klinis vaksin Covid-19 akan dipantau selama 6 bulan sejak penyuntikan dosis pertama. Jika ada gejala sakit, relawan tersebut akan langsung mendapat perawatan instensif.

Baca Juga: Belum Reda Tragedi Beirut, Puluhan Demonstran Bentrok dengan Pasukan Keamanan Lebanon

Halaman:

Editor: Faqih Rohman Syafei

Sumber: PRFM News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X