4 Fase Menstruasi yang Harus Dikenali Tiap Bulan

- 11 September 2020, 13:54 WIB
4 Fase Menstruasi yang Harus Dikenali Tiap Bulan /Pexels

FIXINDONESIA.COM — Menstruasi merupakan proses bulanan yang ditandai dengan serangkaian perubahaan pada tubuh dan organ reproduksi  wanita. Menanti kedatangan atau pun sedang menjalani tamu bulanan ini, para wanita wajib tau fase-fase yang terjadi selama proses menstruasi.

Wanita normalnya mengalami menstruasi setiap bulan, namun rentang waktu yang dibutuhkan untuk seorang wanita menyelesaikan siklus ini berbeda-beda. Ada yang rutin 21-35 hari sekali, ada yang lebih bahkan ada yang kurang. Umumnya menstruasi hanya identik dengan meluruhnya dinding rahim yang ditandai dengan meluruhnya darah yang keluar dari organ reproduksi wanita.

Baca Juga: Tolak Film Cuties, Warganet Ramai-ramai Buat Tagar Cancel Netflix Hingga Trending Twitter

Namun, tidak banyak yang tau bahwa dalam proses menstruasi juga terjadi fase-fase penting setiap bulan yang harus diketahui, khususnya bagi para wanita. Dilansir Flo, fase-fase  tersebut yaitu:

1. Fase Menstruasi

Fase menstruasi merupakan tahap awal dari siklus haid setiap bulannya. Fase ini dimulai ketika sel telur yang dikeluarkan ovarium dari siklus sebelumnya tidak dibuahi. Hal ini membuat kadar esterogen dan progesterone turun.

Rahim yang sudah menebal dan sudah dipersiapkan untuk mendukung kehamilah pun tak lagi dibutuhkan sehingga lapisan dinding rahim yang tebal tadi mulai meluruh dalam bentuk darah. Ini disebut menstruasi.

Baca Juga: DPRD Jabar: Emil Salah Strategi Tangani Claster Baru Covid-19

Perlu diketahui bahwa darah yang keluar dari organ reproduksi perempuan tersebut tidak hanya darah dari lapisan dinding rahim yang meluruh, tetapi juga diikuti lendir dan jaringan rahim.

Halaman:

Editor: Agus Satia Negara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X