Menag: Indonesia Tetap Berdiri di Belakang Perjuangan Palestina

- 30 Juni 2020, 16:51 WIB
Menteri Agama (Menag) RI Fachrul Razi.* Dok. Kementerian Agama via PRFMNews.id

FIXINDONESIA.COM - Menteri Agama, Fachrul Razi mengatakan pihaknya akan terus memberikan dukungan bagi rakyat Palestina dalam memperoleh hak sebagai negara dan bangsa yang merdeka.

“Mewakili pemerintah Indonesia, kami menyampaikan bahwa bangsa Indonesia selalu dan tetap akan berdiri di belakang perjuangan rakyat Palestina untuk memperoleh hak sebagai negara dan bangsa merdeka, berdaulat, dan mandiri,” kata Fachrul Razi saat menjadi pembicara pada Konferensi Internasional tentang Jerussalem yang digelar secara online, Senin 29 Juni 2020 kemarin.

Seperti diketahui, konferensi tersebut diikuti oleh utusan dari 50 negara-negara mayoritas berpenduduk muslim di dunia yang di ketuai oleh Mahmud Al-Habbasy dari Palestina.

Baca Juga: Jokowi Khawatir Ekonomi Indonesia di Kuartal Kedua Minus

Keikutsertaan Indonesia dalam forum diwakili oleh Menag dan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj. Sedangkan sebagai penghubung acara, Dubes Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun pun turut bergabung.

Fachrul mengatakan, sebagai negara demokrasi yang berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945, meyakini bahwa setiap bangsa memiliki hak penuh untuk merdeka, bebas dari penjajahan yang membelenggu keinginan untuk maju dan berkembang dalam menentukan nasibnya sendiri.

“Prinsip bangsa kami adalah menentang segala bentuk penjajahan di muka bumi yang tertuang dalam pembukaan konstitusi kami,” ujarnya.

Baca Juga: Kasus Pembakaran Bendera PDIP

Sehingga, bangsa Indonesia akan terus memberikan dukungan kepada proses perdamaian abadi di Jerussalem khususnya dan Palestina pada umumnya, dengan saling membangun kepercayaan antara satu dengan yang lain, agar terciptanya suasana kondusif.

Halaman:

Editor: Rinda Suherlina


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X