WHO Kembali Ungkap Detail Awal Mula Kemunculan Kasus Covid-19

- 5 Juli 2020, 10:02 WIB
ILUSTRASI virus corona.* /pixabay

FIXINDONESIA.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merinci kembali awal mula kemunculan virus SARS-CoV-2 atau Covid-19 yang kini menjadi pademi. Dalam laporan terbaru yang diungkap WHO, laporan kasus ini didapat dari kantor cabangnya di Tiongkok.

Badan kesehatan yang berada di Jenewa itu mengatakan laporan itu bukan berasal dari pernyataan resmi Pemerintah Tiongkok. Dianggap telah gagal dalam pengumpulan informasi kasus Covid-19, WHO pun mendapatkan kritikan keras dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Trump menilai WHO puas dengan informasi yang didapatnya, namun lambat menangani Covid-19 sehingga menjadi pandemi. Kekecewaan Negeri Paman Sam itu berdampak pada penghentian kucuran kepada WHO.

Baca Juga: Sinopsis The November Man, Bakal Tayang Malam ini di Bioskop TRANS TV

Trump juga menuduh bahwa WHO kini sangat dekat dengan Tiongkok dan tidak becus dalam mengelola pandemi yang buruk secara. Semua tuduhan itu, ditampik oleh WHO.

Kritikan ini kemudian direspon WHO dengan merilis langkah-langkah yang sudah dilakukan untuk menekan laju penyebaran Covid-19 pada 9 April 2020.

WHO menjelaskan bahwa komisi kesehatan Kota Wuhan, Provinsi Hubei pada 31 Desember melaporkan adanya kasus pneumonia. Namun tidak mengungkapkan secara detail siapa yang telah melaporkan penemuan kasus ini.

Baca Juga: Ayah Ojak Menangis Saat Terima Uang Pensiun, Ayu Ting Ting: Mau Kasih Duit Berapa?

Dalam artikel yang dikutip Fixindonesia dari Pikiran-Rakyat-Tasikmalaya.com "Bukan dari Tiongkok, WHO Ungkap Fakta Sebenarnya Terkait Asal Informasi Pertama Virus Corona", Direktur WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada konferensi pers 20 April 2020 lalu, menyebutkan laporan pertama datang dari Tiongkok.

Halaman:

Editor: Rinda Suherlina


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X