Erupsi Gunung Ili Lewotolok, Devy Kamil: Tak ada Kaitan Dengan Gunung Api Lain

- 4 Desember 2020, 13:53 WIB
Erupsi Gunung Ili Lewotolok, Devy Kamil: Tak ada Kaitan Dengan Gunung Api Lain //Antara News/Aken Udjan/KH

FIX INDONESIA - Kepala Sub Divisi Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur ESDM Devy Kamil Syahbana mengatakan, meletusnya Gunung Ili Lewotolok di Kabupaten Lembata, NTT sejak 27 November 2020 hingga Jumat 4 Desember 2020 pagi, tidak ada kaitannya dengan meletusnya gunung api lainnya di beberapa wilayah di Indonesia.

“Erupsi gunung api Ili Lewotolok yang terjadi akhir-akhir ini di Lembata, NTT tidak ada kaitanya dengan erupsi gunung api di beberapa wilayah di Indonesia, karena setiap gunung mempunyai dapur magma masing-masing,” kata Devy seperti dikutip FIX INDONESIA dari Antara.

Hal ini disampaikan berkaitan dengan adanya letusan gunung api pada beberapa wilayah di Indonesia, mulai dari gunung Ili Lewotolok, gunung Semeru, bahkan sebelumnya juga beberapa gunung berapi lainnya.

Baca Juga: Kominfo Bersama BLU  BAKTI Berikan Bantuan Kepada Korban Erupsi Gunung Api Ili Lewotolok, Lembata

Baca Juga: Kepala BNPB Pusat Bertolak ke NTT, Tinjau Langsung Posko Pengungsian Erupsi Gunung Ili Lewotolok

Baca Juga: Telkomsel Bagi-bagi Hadiah Pulsa Gratis Rp5 Juta untuk 10 Orang, Ini Syarat dan Cara Agar Berhasil D

Devy mengatakan, pihaknya selama ini terus melakukan eveluasi atas erupsi gunung api Ili Lewotolok. Sejak 27 November hingga 29 November, gunung api Ili Lewotolok sempat mengalami peningkatan aktivitas dan sampai saat itu juga aktivitas erupsinya masih terus terjadi.

“Nah ini kami masih terus melakukan evaluasi, supaya kalau ada peningkatan lebih berbahaya kami akan tingkatkan statusnya. Untuk saat ini status gunung api Ili Lewotolok masih siaga,” ujar Devy.

Akan tetapi, lebih lanjut Devy mengatakan bahwa pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) tidak bisa memastikan kapan akan terjadi letusan lebih besar dari gunung api Ili Lewotolok.

Halaman:

Editor: Siti Resa Mutoharoh


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X