13 Hal Sederhana untuk Minimalisir Stres

- 17 Januari 2020, 11:39 WIB
Ilustrasi_cemas

BANDUNG, fixindonesia.com- Stres tidak pernah lepas dari kehidupan Anda. Mulai dari masalah di tempat kerja, bertengkar dengan teman, masalah rumah tangga, hingga tagihan-tagihan yang harus Anda bayarkan. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Meski stres mengikuti kemana pun Anda pergi. Anda bisa meminimalisir stres anda dengan melakukan beberapa kegiatan. Anda ingin tahu kegiatan atau hal apa saja yang bisa dilakukan, yuk simak di bawah ini. Stres yang tidak dapat Anda atasi, memberikan dampak buruk pada kesehatan fisik dan jiwa. Agar hidup Anda terbebas dari stres. Seperti yang ditulis hellosehat, Anda bisa mengikuti beberapa cara untuk menghilangkan stres berikut ini. Pasang senyum palsu

Walau terkesan sedikit memaksa, saran ini mungkin cukup baik sebagai cara menghilangkan stres dan telah dibuktikan oleh sebuah penelitian di Psychological Science tahun 2012. Tersenyum lebar menghasilkan perubahan dalam aktivitas otak yang berhubungan dengan suasana hati yang lebih bahagia.

Meskipun senyum yang Anda tunjukkan adalah palsu, jika Anda melakukannya di depan umum, suasana hari orang-orang di sekitar Anda akan ikut membaik. Membangun lingkungan yang baik, tentu akan membuat Anda jadi lebih baik, bukan?

Elus-elus kucing atau anjing Salah satu alasan mengapa anjing atau kucing dijadikan hewan terapi karena keduanya dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia, yaitu untuk mencurahkan kasih sayang.

Membelai, memeluk, atau menyentuh hewan penuh kasih dapat dengan cepat meningkatkan kadar serotonin dan dopamin. Kedua hormon tersebut berguna bagi tubuh untuk menenangkan pikiran dan otot. Dengan cara inilah, Anda akan menjadi lebih rileks dan stres akan menghilang.

Berenang atau berendam air hangat di bak mandi

Sebuah studi asal Swedia yang dipublikasikan dalam International Journal of Management Stress menemukan bahwa mengambang di air memicu respons relaksasi tubuh, yang membantu menekan tingkat hormon pemicu stres. Penelitian tersebut membuktikan bahwa berenang mengurangi ketegangan dan rasa tertekan yang dialami anak-anak usia 11 hingga 13 tahun.

Menari

Di hari-hari yang terasa berat, mengistirahatkan mental dan fisik dengan menari spontan dapat menjadi penyelamat dari suasana hati yang buruk. Coba mainkan lagu favorit Anda dan gerakkan beberapa gerakan tarian di kamar tidur.

Menggerakkan tubuh sambil bernyanyi dengan mengikuti irama adalah cara menghilangkan stres yang cukup ampuh. Sebab hati Anda akan menjadi lebih senang dan pikiran Anda akan teralihkan dari segala masalah.

Mencorat-coret

Halaman:

Editor: Rinda Suherlina


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X