Pastikan Kelaikan Rumah Subsidi, Kementerian PUPR Perkenalkan SiPetruk Kepada FLPP

- 28 November 2020, 21:25 WIB
Pastikan Kelaikan Rumah Subsidi, Kementerian PUPR Perkenalkan SiPetruk Kepada FLPP /

FIX INDONESIA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR melalui Pusat Pengolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PDPP) memperkenalkan aplikasi terbaru, yaitu Sistem Pemantauan Konstruksi (SiPetruk) kepada Bank Penyelenggara Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) guna memastikan kalaikan rumah subsidi.

Seperti dilansir FIX INDONESIA dari Antara, Direktur Operasi PPDPP, Marto Boedi Joewono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis 26 November 2020 menyatakan bahwa “Sipetruk merupakan aplikasi berbasis Android yang dapat diunduh pada platform Google Playstore,”.

Menurut Martanto, aplikasi ini terintegrasi singel ID dengan Aplikasi Sistem Informasi Konstruksi Indonesia (SIKI), Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) sehingga user dan password untuk login ke Aplikasi SiPetruk sama dengan login ke Aplikasi SIKI.

Baca Juga: Tangani Covid-19, Dinas PUPR Kabupaten Sumedang Pangkas Anggaran Hingga 48%

Baca Juga: Pemprov Jabar Siapkan Rumah Bersubsidi Bagi Guru Berpenghasilan Di Bawah Rp8 Juta

Secara teknis, aplikasi ini akan dilaksanakan oleh Manajemen Konstruksi (MK) yang telah terdaftar di LPJK dengan konsep kemitraan. MK akan mengunjungi lokasi perumahan subsidi, sesuai notifikasi pengajuan pemantauan dari para pengembang perumahan yang telah terdaftar pada Aplikasi Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang).

Selanjutnya MK kemudian akan memantau konstruksi dan mengisi data sesuai dengan menu yang disediakan oleh SiPetruk yang telah dipasangkan sistem Artificial Intelegency (AI) atau Kecerdasan Buatan.

Apabila seluruh proses pendataan yang disyaratkan oleh SiPetruk telah terpenuhi dan sesuai, maka unit bangunan rumah subsidi siap menjadi objek jaminan Kredit Pemilik Rumah (KPR).

Selain itu, Martanto juga memastikan bahwa dalam pengambilan data dilapangan tidak mesti ada jaringan internet. Pendataan bisa terlaksana meski dalam status offline.

Halaman:

Editor: Siti Resa Mutoharoh


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X