KPU Banten Siap Kawal Pilkada Serentak 2020 di Masa Pandemi Covid-19 Jurdil

- 30 Juni 2020, 22:21 WIB
Ilustrasi Pilkada Serentak 2020: Kota Depok akan jalani Pilkada serentak 2020, Ketua KPU Depok tegaskan saat ini pihaknya siap jalani pilkada di tengah pandemi Covid-19.

FIXINDONESIA.COM - Banten merupakan salah satu wilayah yang akan melaksanakan Pemilu serentak 2020. Diketahui, Banten memiliki empat kabupaten dan kota yang akan perhelatan pemilihan serentak tahun 2020.

Empat wilayah tersebut, diantaranya Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon dan Tangerang Selatan.

KPU Provinsi Banten yang secara hierarkis  bertugas sebagai koordinator penyelenggaraan pemilihan serentak bagi keempat kabupaten kota tersebut.

Komisioner KPU Banten, Rohimah yang juga menjabat di divisi Sumber Daya Manusia, Penelitian dan Pengembangan KPU Banten menerangkan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan sejak dimulainya launching tahapan pemilihan serentak oleh KPU RI.

Baca Juga: Ustadz Hilmi Aminuddin Tutup Usia, DPP PKS: Beliau Orang yang Salih dan Mensalihkan

“Tahapan Pemilihan terdiri dari tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan. KPU Banten telah melakukan koordinasi, supervisi dan monitoring dalam tahapan persiapan yakni penyusunan anggaran, pemetaan potensi daerah dan kesiapan SDM dalam proses pembentukan badan adhoc (PPK, PPS, KPPS dan PPDP) serta  sosialisasi pada semua tahapan pelaksanaan hingga berakhir pada masa pelaporan," ujarnya.

Rohimah juga menambahkan, usai ditetapkan hari pencoblosan suara pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang. KPU Provinsi Banten, dalam kesempatan pertamanya akan melakukan koordinasi supervisi dan monitoring terhadap empat kabupaten dan kota yang akan melaksanakan pemilihan serentak tersebut.

"Supervisi untuk melanjutkan tahapan, mengaktifkan kembali badan adhoc (PPK) yang dibekukan masa kerjanya, melantik PPS,  persiapan verifikasi faktual calon perseorangan dan persiapan pembentukan PPDP. Empat tahapan yang sejak tanggal 21 Maret ditunda, segera dilanjutkan kembali setelah KPU kabupaten kota menetapkan pencabutan SK tentang penundaan tahapan,"  tambahnya. 

Baca Juga: Soal Motif Terduga Pelaku Bakar Mobil Via Vallen, Ini Kata Polisi

Halaman:

Editor: Rinda Suherlina


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X