KPAI Kritik Tegas Pemerintah Karena Sekolah di Luar Zona Hijau Diizinkan Belajar Tatap Muka

- 28 Juli 2020, 18:15 WIB
ILUSTRASI sekolah.* /ANTARA

FIXINDONESIA.COM - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bidang Pendidikan, Retno Listyarti dengan tegas mengatakan tidak sepakat soal kebijakan pemerintah pusat yang memberikan izin kepada sekolah yang berada di luar level zona hijau Covid-19, membuka kembali kegiatan belajar tatap muka.

Ia menilai langkah tersebut merupakan bentuk keputusasaan pemerintah dalam memberikan pendidikan yang layak di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Bakal Satu Panggung dengan BTS, Begini Perasaan Luna Maya yang Mengaku ARMY Garis Keras

 

"Kami tidak sepakat soal itu. Kami melihat pemerintah seakan habis akal tidak bisa melayani anak," ujar Retno saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Selasa 28 Juli 2020.

KPAI sendiri lanjut Retno, sudah memantau ribuan sekolah di Provinsi DKI dan Jawa Barat terkait kegiatan belajar mengajar di masa kenormalan baru ini. Hasilnya, hanya ada 1 sekolah saja yang dinilai layak menggelar kegiatan belajar tatap muka.

Baca Juga: Viral Video Camat Diberi Kendaraan Dinas Berupa Pesawat, Bupati: Bandaranya di mana?

"SMK 11 Bandung yang siap secara fasilitas untuk kenormalan baru. Sedangkan 5 sekolah lagi sedang menyiapkan. Sekolah lain malah tidak ada sama sekali. Hanya menyiapakan tisu dan wastafel saja," jelas dia.

Melihat kondisi demikian, KPAI mendorong pemerintah agar menunda pembukaan sekolah tatap muka, sekalipun sekolah tersebut berada di zona hijau.

Halaman:

Editor: Rinda Suherlina

Sumber: PRFM News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X