Bolehkah Orang yang Berkurban Tapi Ikut Makan Daging Kurban, Ini Kata Ulama

- 30 Juli 2020, 08:32 WIB
Aktivitas tahunan umat Islam di seluruh dunia, menyembelih hewan kurban dan membagi-bagikan dagingnya. /- Foto: Seputartangsel.com / Sugih Hartanto

FIXINDONESIA.COM - Umat Islam akan merayakan hari Idul Adha atau lebih dikenal hari raya kurban yang jatuh pada Jumat 31 Juli 2020 besok.

Baca Juga: Emas Ukuran 0.5 Gram Sentuh Rp 551.000, Berikut Update Harga Emas Antam, Retro, Batik dan UBS

Hukum melaksanakan kurban sendiri adalah sunah muakkad atau sunah yang sangat dianjurkan. Oleh karenanya sebagai salah satu Syariat Islam, kurban merupakan penghormatan sekaligus penghargaan atas ketaatan Nabi Ibrahim AS kepada Allah Subhanahuwata'ala.

Baca Juga: Jangan Lewatkan Beragam Program Acara di SCTV, RCTI, Net TV dan GTV, Kamis 30 Juli 2020

Hal tersebut menjadi dasar Nabi Muhammad SAW menjadikan kurban sebagai salah satu syariat bagi seluruh umatnya. Maka dari itu sebagai salah satu ibadah, dalam pelaksanaan Idul Adha khususnya saat akan menyembelih hewan, selesai menyembelih, hingga pembagian daging kurban itu ada tatacaranya.

Baca Juga: The Police Tayang Pukul 23.30 WIB, Simak Jadwal Program Acara Trans 7 Kamis 30 Juli 2020

Serperti dikutip fixindonesia dari mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com berjudul "Bolehkah Memakan Daging Kurban, Begini Menurut Ulama". Para ulama membagi ibadah kurban ke dalam dua jenis: pertama wajib, apabila ibadah kurban itu dinazarkan. Kedua, sunnah apabila ibadah kurban itu tidak dinazarkan.

Baca Juga: Jangan Lewatkan Drakor The K2 dan Film Horor Danur di Trans TV, Kamis 30 Juli 2020

Oleh karena itu, orang yang berkurban nazar tidak boleh mengambil sedikit pun daging kurbannya. Sedangkan orang yang berkurban sunnah diperbolehkan memakan sebagian dari daging kurbannya dengan maksimal sepertiga dari daging kurbannya.

Halaman:

Editor: Agus Satia Negara

Sumber: Mantra Sukabumi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X