Innalillahi, Abu Vulkanik Gunung Sinabung Terus Hujani Ladang dan Kebun Warga Sekitar

- 14 Agustus 2020, 14:57 WIB
Gunung Sinabung Erupsi Lagi /- Foto : magma.esdm.go.id


FIXINDONESIA.COM- Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Badan Geologi dan PVMBG, Armen Putra mengungkapkan hingga hari ini, Jumat 14 Agustus 2020, abu vulkanik masih terus keluar dari puncak gunung Sinabung.

Menurutnya, gunung yang terletak di Sumatera Utara tersebut kembali mengalami erupsi sekira pukul 10.30 WIB dengan tinggi kolom lebih kurang 2.100 meter.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah tenggara dan selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 64 mm dan durasi lebih kurang 1 menit 40 detik," jelasnya, Jumat 14 Agustus 2020.

Akibat dari erupsi, lanjut Armen, banyak ladang dan kebun warga yang berada di bawah kaki Sinabung dihujani abu vulkanik.

Baca Juga: Mengenal Baju Adat Suku Sabu yang Dipakai Presiden Jokowi saat Pidato Kenegaraan

Baca Juga: Ridho DAcademy Sebut Kedekatan Lesti dan Rizky Billar Hanya Settingan

Lanjutnya, hingga saat ini, gunung Sinabung berada pada status level III atau siaga. Oleh karena itu masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 Km untuk sektor selatan-timur, dan 4 Km untuk sektor timur-utara.

Baca Juga: Beri Dukungan, Rio Dewanto Unggah Gambar Jerinx di Instagram

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh," tutur Armen.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," imbaunya seperti dilansir Fixindonesia dari RRI.

Halaman:

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: RRI


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X