KPU Siapkan 'Game' untuk Edukasi Masyarakat Terkait Pilkada 2020

- 12 September 2020, 22:00 WIB
KPU Siapkan 'Game' untuk Edukasi Masyarakat Terkait Pilkada 2020 /kpu.go.id/

FIXINDONESIA.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) sedang menyelesaikan sebuah 'game' atau permainan yang nantinya digunakan sebagai alat edukasi kepada masyarakat terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Dalam diskusi virtual bertema Pilkada Serentak dan Kualitas Demokrasi di Era Covid-19, Anggota KPU Viryan Aziz mengatakan, pihaknya sedang menyelesaikan 'game' tersebut yang tentunya dapat diunggah dan digunakan masyarakat.

"Permainan tersebut berupa edukasi Pilkada serentak 2020 yang bisa jadi panduan atau pembelajaran bagi masyarakat," ujarnya pada Sabtu 12 September 2020.

Baca Juga: Soal Pilkada Serentak 2020, Komisioner KPU: 418 Paslon Pilkada 2020 Telah Terdaftar di KPU

Menurut Aziz, langkah menciptakan permainan itu sebenarnya tidak lepas dari memaksimalkan media daring, terutama melalui telepon pintar (smartphone) untuk mengedukasi masyarakat.

Ia menyebutkan dari data yang diperoleh bahwa setiap orang dengan rentang usia 16-64 tahun menggunakan waktunya selama 1 jam, 23 menit dalam sehari untuk bermain "game."

"Makanya, kami berusaha masuk dari sisi itu," katanya.

Baca Juga: Temukan PPDP Tak Netral dan Kasus Joki, Bawaslu Jabar Rekomendasikan KPU Sanksi Para Pelanggar

Selain itu, kata Viryan, data juga menyebutkan bahwa 60 persen masyarakat dengan rentang usia 16-64 tahun sudah menggunakan internet dengan waktu selama 7 jam, 59 menit dalam sehari.

Halaman:

Editor: Muhamad Foriesta

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X