Bongkar Aib Pertamina, Ahok: Sudah Copot Jabatan, Kok Masih Digaji Sama?

- 16 September 2020, 16:30 WIB
Bongkar Aib Pertamina, Ahok: Sudah Copot Jabatan, Kok Masih Digaji Sama? /Instagram @basukibtp/

FIXINDONESIA.COM - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kini menjadi perbincangan publik karena mengkritisi manajemen Pertamina secara terang-terangan.

Melalui video yang diunggah oleh akun Youtube Poin pada 14 September 2020, Ahok melontarkan berbagai persoalan yang terjadi seperti gaji dan lobi Menteri.

Menurut Ahok, sistem gaji pejabat di Pertamina terdapat manipulasi. Ahok memberi contoh pada salah satu pegawai yang jabatannya dicopot, tetapi masih memiliki gaji yang sama dengan jabatan sebelumnya, bukan mengikuti jabatan baru.

Baca Juga: Lewat Twitter, Andre Rosiade Desak Jokowi Berhentikan Ahok dari Pertamina

“Misalnya dari jabatan direktur utama anak perusahaan yang digaji Rp100 juta lebih, masa udah dicopot, gaji masih sama (dengan sebelumnya), alasannya dia sudah orang lama. Ya harusnya kan, gaji mengikuti jabatannya yang baru. Tapi mereka bikin gaji pokoknya gede semua. Jadi bayangin orang kerja sekian tahun gaji pokok bisa Rp75 juta. Pas dicopot, nggak ada kerjaan pun dibayar segitu. Gila aja nih," kata Ahok, sebagaimana dikutip oleh Fix Indonesia dari situs Youtube Poin pada 16 September 2020.

Selain itu, Ahok juga menyoroti jabatan petinggi di BUMN yang dinilai bermain aman dengan melobi Menteri. Bahkan dia menyebut sebagian para komisaris di BUMN adalah titipan dari kementerian.

“Ya ganti direktur pun bisa tanpa kasih tahu saya, tadi saya sempat marah-marah juga. Jadi direksi-direksi semua mainnya lobi ke Menteri, karena yang menentukan adalah Menteri. Komisaris pun rata-rata kan titipan dari para kementerian,” ujar Ahok.

Baca Juga: Dibanjiri Hujatan Netizen, Ahok Salahkan Dirut Pertamina yang Tak Beri Laporan Utuh

Kendati demikian, Ahok mempunyai cara agar hal tersebut tidak terulang lagi, yakni dengan memangkas birokrasi yang ada di Pertamina, agar setiap insan Pertamina dapat memiliki kesempatan yang sama untuk menjabat sebagai Senior Vice Precident (SVP).

Halaman:

Editor: Muhamad Foriesta

Sumber: Youtube Poin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X