Ahok Kritisi Kebijakan Direksi Pertamina yang Tidak Masuk Akal

- 16 September 2020, 21:30 WIB
Ahok Kritisi Kebijakan Direksi Pertamin yang Tidak Masuk Akal /Jeda.id/

FIXINDONESIA.COM - Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengambil sikap berani untuk mengkritisi para direksi Pertamina tentang berbagai kebijakan yang dijalankan oleh perusahaan tersebut.

Melansir dari RRI melalui akun Youtube POIN, Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menilai kebijakan direksi Pertamina tidak masuk akal, terlebih dalam bisnis. Hal ini mengakibatkan Pertamina menanggung hutang dalam jumlah besar. Hutang tersebut digunakan untuk mengakuisisi ladang minyak di luar negeri.

“Sudah utang 16 Miliar Dollar AS, tiap kali otaknya pinjam duit aja. Saya sudah kesal ini, pinjem duit terus maunya akuisisi,” ujar Ahok.

Baca Juga: Bongkar Aib Pertamina, Ahok: Sudah Copot Jabatan, Kok Masih Digaji Sama?

Menurutnya, Pertamina harus fokus pada eksplorasi ladang minyak di dalam negeri karena di Indonesia masih memiliki 12 cekungan yang berpotensi menghasilkan minyak bahkan gas.

“Kenapa tidak berpikir untuk eksplorasi, kita masih punya 12 cekungan yang berpotensi punya minyak dan gas. Ngapain ke luar negeri? Ini jangan-jangan, saya berpikir ada komisi beli-beli minyak ini,” kata Ahok.

BTP juga menemukan kebijakan lain yang tidak efisien yaitu pembangunan kilang minyak. Hingga kini, Ahok masih terus meminta kejelasan mengapa banyak kilang baru yang belum juga dibangun. Padahal sudah ada investor yang serius untuk patungan bisnis dengan Pertamina.

Baca Juga: Lewat Twitter, Andre Rosiade Desak Jokowi Berhentikan Ahok dari Pertamina

“Makanya nanti saya mau rapat penting soal kilang (minyak), berapa investor yang udah nawarin kerjasama, kalian diemin? Terus sudah ditawarin kenapa tolak? Terus kenapa kerja seperti ini? Saya lagi mau audit nih,” ujar Ahok.

Halaman:

Editor: Muhamad Foriesta

Sumber: RRI


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X