BMKG Imbau Masyarakat Waspada Puncak Iklim La Nina yang akan Terjadi Desember 2020

- 13 Oktober 2020, 22:00 WIB
BMKG Imbau Masyarakat Waspada Puncak Iklim La Nina yang akan Terjadi Desember 2020 /BMKG/

FIXINDONESIA.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan puncak fenomena iklim La Nina akan terjadi pada kisaran Desember 2020 - Januari 2021 yang berbarengan dengan musim hujan Januari - Februari 2021.

Oleh karena itu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau kepada masyarakat agar tetap berada dalam kewaspadaan tinggi untuk mengantisipasi bencana alam karena fenomena La Nina di Indonesia.

La Nina puncaknya Desember 2020. Sehingga kita perlu mewaspadai puncak La Nina dan musim hujan dalam kisaran Desember - Januari - Februari,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat rapat terbatas virtual dengan Presiden Jokowi Selasa 13 Oktober 2020.

Baca Juga: Fenomena La Nina Terjadi Bulan Ini, BMKG Himbau Masyarakat Waspada dan Lakukan Mitigasi Mandiri

La Nina merupakan fenomena alam yang terjadi karena meningkatnya suhu permukaan Samudera Pasifik timur dan tengah, yang menyebabkan peningkatan suhu kelembapan pada atmosfer di atas perairan. Hal itu mengakibatkan pembentukan awan dan meningkatkan curah hujan di kawasan tersebut.

Akan tetapi, fenomena La Nina sendiri telah mengakibatkan curah hujan tinggi yang sudah terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia pada Oktober, meskipun baru diprediksi puncaknya pada Desember nanti.

Sebelumnya, BMKG memperkirakan dampak La Nina di bulan Oktober 2020 akan menerjang hampir seluruh wilayah di Indonesia, kecuali Sumatera dan Papua bagian timur.

Baca Juga: Antisipasi Tsunami, BMKG Lakukan Pelatihan IOWave20 untuk Mitigasi Bencana

Namun, meskipun tanpa La Nina, Sumatera sendiri sudah mengalami curah hujan tinggi karena kondisi topografi lokal.

Halaman:

Editor: Muhamad Foriesta

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X