Ini Tips Memilih Sepeda yang Cocok untuk Pemula

- 30 Juni 2020, 08:10 WIB
SEPEDA lipat.*/DOK. PR

FIXINDONESIA.COM - Kegiatan bersepeda kini tengah melanda masyarakat Indonesia. Bagi pemula tentunya pasti ada kesulitan untuk memilih sepeda yang cocok.

Jika merasa bingung memilih sepeda, ada baiknya untuk berkonsultasi dahulu kepada teman yang sudah memiliki pengalaman. Memudahkan pemula, Ketua Ikatan GOweser (i-Go) Unpad Dr. med. Setiawan, membagikan tips memilih sepeda yang cocok.

Dia mengatakan hal pertama yang harus diperhatikan adalah tujuan bersepeda. Jika hanya untuk ikut-ikutan trend saja lebih baik memilih yang praktis semisal sepeda lipat.

"Memang di situasi sekarang yang banyak pilihan sepeda lipat karena lebih praktis dan bisa dibawa dan dipakai semua orang karena bisa diatur tinggi rendahnya sadel sehingga sesuai penggunanya," ujarnya saat dihubungi Fixindonesia, Senin 29 Juni 2020.

Baca Juga: Warga Pelabuhanratu Kaget Ada Buaya Dalam Perahu, Begini Proses Penangkapannya

Dia menerangkan jika ingin menjajal trek yang lebih menantang seperti jalur pegunungan atau tanjakan sebaiknya memilih mountain bike (MTB). MTB didesain untuk trek yang lebih sulit, bahkan jenis MTB pun banyak variannya.

"Pilihlah tipe sepeda ada mountain bike, road bike ada sepeda lipat sesuaikan dengan kebutuhan seperti apa. Tujuan mau jajal berbagai rute tentu lebih cocok mountain bike nanti juga berkembang banyak tipenya," katanya.

Selain sepeda model kekinian, Setiawan mengungkapkan ada juga sepeda klasik seperti onthel. Namun menurutnya, apapun sepedanya yang terpenting adalah terus bersepeda demi kesehatan.

"Banyak pilihan termasuk onthel juga silahkan sesuai kebutuhan seperti apa, yang penting terus bersepeda dilakukan," sebutnya.

Halaman:

Editor: Rinda Suherlina


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X