Kasus Pembakaran Bendera PDIP

- 30 Juni 2020, 15:54 WIB
Rully Herdita Ramadhani

Oleh:

Rully Herdita Ramadhani

(Dosen Hukum Pidana FH Unpad)

Pemberitaan tanah air Indonesia diramaikan oleh insiden pembakaran bendera PDIP. Pembakaran bendera tersebut sebagai buntut dari aksi demo oleh beberapa organisasi masyarakat (ormas) Islam dalam menolak RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang terjadi pada hari Rabu, 24 Juni 2020 di depan Gedung MPR/DPR. Perbuatan tersebut patut diduga bukan tanpa alasan, jelas tergambar ada maksud dan tujuan sebagai bentuk kesengajaan dibalik pembakaran bendera berlambang banteng tersebut.

Sebagai konsekuensi atas insiden pembakaran bendera PDIP tersebut, Siapakah yang dapat dipersalahkan dan dapat dimintai pertangungjawaban? Kemudian pasal pidana manakah yang relevan dan memenuhi unsur sebagai perbuatan pidana yang patut dipidana?

Dalam hukum pidana konsep liability atau pertanggungjawaban merupakan konsep sentral yang dikenal dengan ajaran kesalahan. Dalam bahasa latin ajaran kesalahan dikenal dengan sebutan mens rea. Doktrin mens rea ini dilandaskan pada konsepsi bahwa suatu perbuatan tidak mengakibatkan seseorang bersalah kecuali jika pikiran orang itu jahat.

Baca Juga: Terancam Diproses Hukum Karena Manggung di Acara Hajatan, Rhoma: Mudah-mudahan Bupati Becanda

Baca Juga: Mobil Milik Via Vallen Hangus Dilalap si Jago Merah, Pelaku Pembakaran Diamankan Polisi

Dalam bahasa Inggris doktrin tersebut dirumuskan dengan an act does not make a person guilty, unless the mind is legally blameworthy. Di dalam doktrin itu, terdapat dua syarat yang harus dipenuhi untuk dapat memidana seseorang, yaitu ada perbuatan lahiriah yang terlarang/tindak pidana (actus reus) dan ada sikap batin jahat/tercela (mens rea). [2]

Halaman:

Editor: Rinda Suherlina


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Hindari Cedera Tubuh saat WFH

11 Juli 2020, 16:10 WIB

Apakah Pancasila Kehilangan Arah

6 Juli 2020, 18:49 WIB

Kasus Pembakaran Bendera PDIP

30 Juni 2020, 15:54 WIB

Korona dan Bagaimana Kita Berbahasa

11 Juni 2020, 09:31 WIB

Hakikat Kemenangan di Tengah Pandemi

23 Mei 2020, 19:45 WIB

Agar Tetap Sehat Setelah Ramadhan

23 Mei 2020, 09:56 WIB

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X