Ditetapkan Tersangka, Jerinx Dijerat UU ITE

- 13 Agustus 2020, 09:36 WIB
Jerinx SID resmi ditahan Rabu 8 Agustus 2020./* /

FIXINDONESIA.COM - Musisi Jerinx ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pencemaran nama baik Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Atas perbuatannya, Jerinx disangkakan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Dirkrimsus Polda Bali Kombes Pol Yuliar Kus Nugroho membenarkan penetapan tersangka terhadap Jerinx. Menurutnya, penetapan ini sudah seusai dengan prosedur yang ada mulai dari pengumpulan alat bukti, pemeriksaan saksi dan ahli.

Baca Juga: Biadab, Gara-gara Main Sepeda di Halaman Rumah Tetangganya, Bocah 5 Tahun Tewas Ditembak

"Iya sudah ditetapkan sebagai tersangka, sudah kami periksa hari ini dan dia hadir. Sudah kami tahan juga hari ini di rutan Polda Bali," katanya 12 Agustus 2020.

Dia menjelaskan setelah melalui serangkaian pemeriksaan, pihaknya menjerat Jerinx dengan UU ITE dan terancam hukuman penjara selama enam tahun penjara dan denda Rp1 miliar.

Baca Juga: Polisi : Kami Belum Tetapkan Pemilik Elf Tersangka Laka Lantas Maut Cipali Km 184

Dalam perkara ini, pasal yang disangkakan kepada pemilik nama asli I Gede Ari Astina tersebut yaitu Pasal 28 ayat (2) jo Pasal 45A ayat (2) dan/atau Pasal 27 ayat (3) jo Pasal 45 ayat (3) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik dan/atau pasal 310 KUHP dan atau Pasal 311 KUHP, sesuai dengan Laporan Polisi No. LP/263/VI/2020/Bali/SPKT, tanggal 16 Juni 2020.

"Bahwa itu terpenuhi unsur delik membuat pencemaran nama baik, penghinaan dan menimbulkan suatu permusuhan kepada IDI, sesuai dengan UU ITE," katanya.

Baca Juga: Kematian Semesta Menurut Ahli Fisika: Ini Akan Menjadi Tempat yang Menyedihkan, Sepi dan Dingin

Halaman:

Editor: Faqih Rohman Syafei

Sumber: PRFM News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X