Guru Besar Unpad Prof Keri Beri Pesan Bijak Ini Soal Klaim Obat Herbal Covid-19 dari Hadi Pranoto

- 6 Agustus 2020, 10:53 WIB
GURU Besar Unpad Keri Lestari.* /ADE BAYU INDRA/PR/

FIXINDONESIA.COM -  Profesor Keri Lestari yang merupakan Guru Besar Universitas Padjajaran (Unpad) mengatakan, masyarakat perlu lebih waspada pada klaim-klaim obat Covid-19 di masa pandemi ini.

Pasalnya menurut ia, segala sesuatu yang memiliki khasiat seperti obat harus sesuai dengan uji kaidah medis agar lebih terjamin keamanannya. 

"Ya intinya gini kalo di tim medis sesuatu yang mempunyai khasiat itu harus sesuai dengan uji kaidah medis. mulai dari uji in vitro, in vivo kemudian uji klinis baru kita mengklaim ini bisa menyembuhkan," kata Keri kepada FIXINDONESIA saat dihubungi via telpon beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Akhirnya Terjawab, Alasan Anji Diam Saja Tak Beri Klarifikasi Ditengah Banjir Kritikan Sana Sini

Lebih jauh Keri pun menanggapi soal klaim Hadi Pranoto yang beberapa hari terakhir menuai banyak kritikan dari berbagai pihak. 

"Testimoni seperti itu bisa saja, namun itu tidak jadi sebuah sumber yang memang mempunyai kekuatan dasar pemilihan obat. Namun harus diuji kembali signifikansi dari testimoni itu. Ya musti diteliti lebih jauh," jelas Keri.

Menurut Keri sah-sah saja jika siapa pun mempunyai semangat untuk mencari solusi dalam penanganan Covid-19 ini. Namun lagi-lagi Keri menegaskan, klaim-klaim seperti khasiat obat perlu diperhatikan secara hati-hati, lantaran menurutnya semua klaim yang ada harus sesuai mekanismenya. 

Baca Juga: Deddy Corbuzier Nilai Anji Punya Niat Baik, Hanya Caranya Saja yang Salah

"Saya pikir semua sah-sah saja semua orang mempunyai semangat untuk memberi solusi bagi penanganan covid-19, cuman ya itu tadi kita harus tahu komposisinya apa, seperti apa mekanismenya, apakah sudah diuji kemanan dan khasiatnya, karena bisa jadi punya khasiat tapi punya masalah dengan keamanan, dan bahan herbal juga tidak lepas dari efek samping. Makanya harus diuji klinis dulu," bebernya.

Halaman:

Editor: Rinda Suherlina


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X