Misteri Gunung Ciremai, Mulai Dari Suara Gamelan Hingga Burung Hitam (Part: 1)

- 9 Juli 2020, 21:00 WIB
PUNCAK Gunung Ciremai tertutup awan, diabadikan dari Desa Pajambon, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, beberapa pekan lalu.* /NURYAMAN/PR/

FIXINDONESIA.COM - Gunung Ciremai merupakan salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat. Gunung ini memiliki kawah ganda, yakni Kawah barat yang beradius 400 m dan Kawah Timur yang beradius 600 m.

Pada ketinggian sekitar 2.900 m dpl di lereng selatan terdapat bekas titik letusan yang dinamakan Gowa Walet.
Saat ini Gunung Ceremai termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), dengan luas keseluruhan sekitar 15.000 hektare.

Baca Juga: Kembali Jadi Trending #UnpadKokGitu, BEM Kema Unpad : Kami Ingin Tuntutan Diakomodasi

Gunung Ciremai ini menjadi salah satu gunung yang menjadi tujuan favorit para pendaki. Biasanya para pendaki meningkat pada musim liburan dan dalam dua momen yakni Agustusan dan tahun baru.

Dalam mendaki gunung ini, para pendaki dituntut harus bekerja ekstra keras untuk bisa sampai ke puncak. Hal tersebut tentunya menguras banyak tenaga. Sehingga tak jarang para pendaki mendapati pikirannya kosong akibat kelelahan yang membawa mereka pada halusinasi. Kondisi tersebut acap kali dikaitkan dengan cerita-cerita mistis yang menyelimuti Gunung Ciremai.

Baca Juga: Film Sobat Ambyar Bakal Rilis di Tahun 2020, Ini Tanggapan Istri Didi Kempot

Tak hanya cerita mistis dari para pendaki, namun penduduk sekitar pun sering kerap kali menceritakan hal-hal yang berbau mistis berkaitan dengan Gunung Ciremai.

Seperti yang dikutip fixindonesia dari laman resmi ksdae.menlhk.go.id. Berdasarkan penuturan Abah Indi (60), pengelola jalur pendakian Apuy, Argamukti, Argapura, Majalengka kerap menerima "laporan" dari pendaki yang mengalami kejadian ganjil.

Baca Juga: Gunung Limo, SBY: Kenangan Manis Saya dengan Istri

Halaman:

Editor: Negara Satia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X